Begini Bentuk Generasi Baru Suzuki Ertiga?

Kabar peluncuran generasi baru Ertiga kian mencuat. Apalagi setelah Suzuki tertangkap kamera tengah uji coba produk low Multi Purpose Vehicle (MPV) di India. Namun sayangnya, dalam uji coba, seluruh bodi Ertiga terbaru masih tertutup kamuflase di sekujur bodinya.

Kali ini, beredar sebuah gambar rendering wujud utuh Ertiga terbaru. Gambar itu dibuat oleh ilustrator otomotif bernama Shoes Kalania dan dipublikasi oleh Indianautosblog.

Artinya, gambar dibuat berdasarkan rekaan seniman ilustrator berdasarkan bocoran yang didapat. Seperti diketahui, Suzuki kabarnya melakukan perombakan besar pada pesaing Toyota Avanza, Daihatsu Xenia dan Honda Mobilio ini.

Bahkan, kabarnya Suzuki Ertiga terbaru bakal menggunakan bodi yang lebih besar. Pasalnya, Suzuki menggunakan platform baru pada Ertiga, HEARTECT. Dengan menggunakan platform ini, Ertiga memiliki bobot yang lebih ringan hingga 30 kg dibanding model yang ada saat ini.

Namun meski kabar Ertiga baru sudah beredar, pihak Suzuki hingga saat ini tidak memberikan bocoran detail mobil yang diberi kode kode YHA ini dalam pengembangannya. Tapi dalam uji coba jalan yang dilakukan beberapa waktu lalu, memperlihatkan bagian depan mobil yang sedikit berbeda dari saat ini.

Cluster lampu depan, susunannya agak berbeda. Lampu yang dianggap sebagai sein, posisinya mendekati grille di tengah alih-alih di sudut. Bagian lampu kabut sepertinya masih sama, berdesain bulat.

Untuk bagian buritan, dari foto yang beredar, tidak memberikan detail apapun. Namun untuk bagian kabin, mobil yang sudah dipasarkan Suzuki sejak 2012 ini kabarnya dibekali fitur dan sistem hiburan baru.

Beberapa fitur seperti sistem intertainment layar sentuh tujuh inci yang terkoneksi dengan Android Auto & Apple CarPlay dan fitur kontrol iklim, dual airbag, rem ABS dan EBD, remote keyless entry dan push botton start tersemat pada generasi anyar Ertiga ini.

Sementara bagian dapur pacu, kabarnya Suzuki tetap mempertahankan mesin bensin 1.4 liter. Untuk varian diesel, juga akan menggunakan mesin berkapasitas 1.5 liter.

Diperkirakan, Ertiga generasi baru diluncurkan Maruti pada Agustus 2018. Sementara untuk Indonesia, diprediksi mobil ini meluncur semester pertama tahun depan. Indonesia justru lebih cepat sekian bulan.

Kabar peluncuran Ertiga baru, sebelumnya sudah kami konfirmasi pada PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), sebagai Agen Pemegang Merek Suzuki di Indonesia. Diungkapkan Donny Saputra, Direktur Pemasaran PT SIS, pihaknya tidak dapat memberi kepastian. Namun Donny menyatakan Suzuki selalu berusaha untuk setiap tahun lakukan penyegaran pada jajaran produknya.

"Kami memang setiap tahun lakukan penyegaran. Seperti pada Ertiga yang tahun ini ditawarkan mesin dieselnya. Di tahun lalu, kami luncurkan Dreza yang memiliki tampilan mewah.. Jadi setiap tahun kami usahakan ada yang baru di Ertiga. Namun Saya tidak bisa komentar lebih lanjut, tapi sekarang kami sedang on-progress untuk studi hal itu. Kalaupun ada perubahan yang kami lakukan, ini bertujuan agar produk kami kompetitif," papar Donny beberapa waktu lalu kepada OTO.com.



  Sumber : Oto.com