Mitsubishi Mirage vs Honda Brio, Mana Yang Unggul?

Keduanya petarung terbaik di kelasnya dan memiliki keunggulan masing-masing. Honda Brio memang punya volume penjualan jauh lebih besar dari Mitsubishi Mirage. Karena Brio Satya, untuk mengisi segmen Low Cost Green Car. Tapi Satya bukan lawan yang pas jika ingin diadu dengan Mirage. Melainkan Honda Brio RS CVT sebagai varian tertinggi.

Mirage yang paling cocok, bisa saja tipe GLS atau Exceed yang bertransmisi CVT juga. Sayangnya, Mirage GLS terlalu minim fitur, sehingga sulit melawan Brio RS. Tipe Exceed sebenarnya lebih tepat, walau harganya jadi berbeda cukup jauh. Tak mengapa, pertarungan menjadi lebih adil. Kira-kira mana yang lebih unggul?

Desain dan Dimensi

Brio dan Mirage sudah menyandang desain facelift terbaru. Brio mengalami ubahan pada bemper, pelek hingga dasbor. Mirage juga berubah di bemper depan dan belakang, pelek 15-inci. Tapi interior tak banyak berubah. Desain dasarnya masih sama sejak mereka meluncur 2012 lalu. Sudah out of date dan harus segera berganti total.

Dimensi Mirage lebih panjang dan tinggi dari Brio, hanya lebih lebar sedikit saja. Keduanya menunjukkan postur yang sangat mungil dan kompak. Lebih pas dijadikan sebagai mobil perkotaan. Luas kabin mudah terbaca, Mirage-lah yang lebih unggul. Ruang penumpang belakang mirip tapi lebih luas Mirage sedikit.Begitu pula dengan bagasi, Brio tak mampu menyamai kapasitas Mirage. Jika sering membawa barang banyak, Mirage dirasa lebih pas ketimbang Brio.

Fitur

Fitur kedua mobil ini tergolong mirip tapi saling menonjolkan keunggulan masing-masing. Brio RS membanggakan lampu utama projector dengan LED Light Guide yang terlihat mewah. Mirage masih tampak konservatif dengan lampu reflektor dan halogen biasa. Tapi keduanya sudah diberi lampu kabut, pelek 15-inci, rear spoiler dan rear wiper. Interior keduanya bernuansa hitam, tapi Mirage lebih berwarna berkat perpaduan putih di jok. Jok belakang Mirage lebih nyaman dan aman, karena ada tiga head rest untuk penumpang. Berbeda dengan Brio yang seolah tidak mempedulikan kenyamanan penumpang belakang.

Brio dan Mirage juga sudah dilengkapi auto A/C dan audio steering switch control. Bedanya, headunit Brio berupa monitor layar sentuh 6,2-inci, sementara Mirage hanya headunit terintegrasi biasa. Mirage lebih membanggakan Keyless Operating System (KOS) yang membuatnya semakin praktis. Menyalakan mesin hanya perlu menginjak rem dan menekan tombol start/stop engine. Brio tidak punya fitur itu.



  Sumber : Oto.com